SERVER VoIP

Nama : Nur Khalifah
Kelas : XI - TKJ
Sekolah : SMK Negeri 1 Samarinda

 ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 
PENGERTIAN

VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah teknologi yang menjadikan media internet bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung tanpa menggunakan jalur kabel.





KEBUTUHAN PERANGKAT VoIP

Jika ingin melakukan komunikasi menggunakan VoIP dibutuhkan beberapa komponen yaitu:

 1. X-Lite atau Zoiper

     Sebagai softphone untuk memanggil atau menerima.
X-Lite

Zoiper









2. VoIP Server

    Sebagai pusat pengolah data pada jaringan VoIP.





3. VoIP Switch

    Sebagai central atau pusat untuk membagi koneksi yang saling terhubung dengan port-port lainnya.


4. Handphone

    Sebagai alat untuk memanggil atau menerima telepon.



5. Briker

    Sebagai operating system VoIP.




CARA KERJA VoIP


Cara kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/Router/ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui media telepon dan diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan. 

Untuk pengiriman sevbuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital yaitu sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog diubah ke bentuk data digital dengan ADC (Analog to Digital Converter), kemudian ditransmisikan, dan di penerima dipulihkan kembali menjadi data analog dengan DAC (Digital to Analog Converter). Begitu juga dengan VoIP, digitalisasi voice dalam bentuk packet data, dikirimkan dan dipulihkan kembali dalam bentuk voice di penerima. Format digital lebih mudah dikendalikan, dalam hal ini dapat dikompresi dan dapat diubah ke format yang lebih baik dan data digital lebih tahan terhadap noise daripada analog.



 Post-an ini dibuat untuk tugas sekolah.

Sumber: 
- http://athnarestu20.blogspot.co.id/2016/10/pengertian-dan-kebutuhan-perangkat-voip.html
- http://tugasekol.blogspot.com/2016/01/pengertian-voip-dan-kebutuhan-perangkat-voip.html
- https://ayuanggrianih.wordpress.com/tugas-kuliah/tugas-i-jaringan-interner/2-apa-yang-dimaksud-dengan-voip-jelaskan-dan-gambarkan-cara-kerjanya/

Komentar

Postingan Populer